Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer
Articles
Published: 2023-07-30

Pengenalan Teknologi Virtual Reality Sebagai Media Pendukung Promosi Bagi UMKM di Kota Palembang

Universitas Sriwijaya
Universitas Sriwijaya
Universitas Sriwijaya
Universitas Sriwijaya
Universitas Sriwijaya
Universitas Sriwijaya
Universitas Sriwijaya
Universitas Sriwijaya
Virtual Reality (VR) Media Promosi UMKM

Abstract

Abstract: UMKM di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan dari segi jumlah. Khususnya pada masa pandemi Covid-19 pertumbuhan UMKM diperkirakan lebih tinggi lagi karena maraknya PHK. ini dirasakan dimana-mana termasuk di Kota Palembang. Beberapa kendala yang dialami oleh pelaku UMKM di Kota Palembang antara lain minimnya literasi pemasaran, baik itu mengenai strategi pemasaran, maupun akses teknologi digital. Padahal, jaman semakin maju dan banyak teknologi baru bermunculan. seharusnya strategi marketing bertransformasi ke arah digital seperti penggunaan teknologi Virtual Reality (VR).

Penggunaan VR dalam strategi marketing ini dapat dibagi menjadi beberapa cara, salah satunya yaitu menyediakan virtual tours / exhibiton kepada pelanggan. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pendampingan serta pelatihan pemasaran dan promosi dengan teknologi virtual reality bagi UMKM di Kota Palembang. Manfaat yang ingin dicapai adalah terbangunnya ekosistem digital pada UMKM di Kota Palembang agar semakin handal dalam menjalankan industrinya secara jangka panjang. Pelatihan dilakukan berdasarkan kerangka pemecahan masalah yang sudah disusun. Setelah pelatihan dilakukan 90% peserta menyatakan merasakan manfaat berupa bertambahnya wawasan dan keterampilan mengenai penggunaan Virtual Reality sebagai media pembantu promosi.

How to Cite

Oktadini, N. R., Meiriza, A., Sevtiyuni, P. E., putra, pacu, Buchari, M. A., Kurniasari, W., Lestarini, D., & Raflesia, S. P. (2023). Pengenalan Teknologi Virtual Reality Sebagai Media Pendukung Promosi Bagi UMKM di Kota Palembang. Bulletin of Community Service in Information System (BECERIS), 1(2), 60–69. https://doi.org/10.36706/beceris.v1i2.16